Hujan, Dengarkanlah

Saat itu langit mendung seperti biasa
Rintik-rintik air dari langit itu sudah bisa ditebak kedatangannya
Semua orang mungkin bisa berkata, hari ini pasti hujan

Aku terduduk di kursi teras
Menikmati indahnya pemandangan di kala hujan
Dan menikmati sejuknya suasana saat itu
Kopi panas yang baru saja ku buat
Tidak mampu menghangatkanku dalam waktu yang lama

Melihat tumpukan koran di sampingku
Menimbulkan keinginan untuk membacanya
Ku bentangkan lembaran koran itu di depanku
Dan ku baca berita hari itu

Pencurian, korupsi, penipuan, dan kejahatan lainnya
Berita itu selalu ada, dan terus-menerus ada hingga sekarang
Ya, aku memang sempat heran
Kenapa kejahatan itu ada, padahal mereka tahu itu jahat?
Kenapa kejahatan itu ada, padahal mereka tahu itu dosa?

Aku sudah tahu jawaban atas pertanyaan itu
Mereka berbuat jahat karena nafsu sudah mengalahkan hatinya
Hati dan pikirannya mungkin sudah tahu itu jahat
Mungkin hati dan pikirannya menolak melakukan hal itu
Akan tetapi, kuatnya nafsu tidak bisa mereka bendung
Liarnya nafsu tidak bisa mereka tahan

Tiba-tiba diriku tersadar
Diriku juga seperti mereka-mereka dalam berita
Aku memang tidak berbuat jahat, tidak berbuat kriminal
Namun, diriku sama dengan mereka

Terkadang aku mengetahui bahwa sesuatu itu salah
Tetapi aku tetap saja melakukan dan melanjutkannya
Aku juga tidak bisa membendung nafsu
Aku juga telah dikalahkan oleh nafsu

Wahai Yang Maha Menciptakan Hujan dan Seluruh Alam Semesta
Hujan yang Engkau turunkan ini menjadi saksi
Bahwa aku ingin menghentikan hal itu
Aku ingin memerangi nafsu
Dan aku ingin berubah

Leave a comment

