Jawaban Teka-teki #015 – Hari Ini Hari Apa?

Rambo sedang berjalan-jalan di hutan. Di tengah perjalanan, dia lupa hari ini hari apa. Akhirnya ia memutuskan untuk bertanya pada singa dan unicorn. Sebelumnya, ia tahu bahwa sang singa selalu berbohong pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Rambo juga tahu bahwa unicorn selalu berbohong pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Rambo bertanya pada sang singa, “hari ini hari apa, ya?” Dan singa itu menjawab, “kemarin adalah hari berbohong saya.” Rambo masih belum dapat membuat kesimpulan dari jawaban itu. Jadi, Rambo pun menanyakan hal yang sama pada unicorn. Unicorn menjawab, “kemarin juga adalah hari berbohong saya.”

Jadi, hari ini hari apa, ya?

JAWABAN

Asumsikan hari ini adalah hari Senin, kemarin adalah hari Minggu. Singa dan Unicorn mengatakan bahwa kemarin adalah harinya berbohong, tetapi tidak terdapat keterangan apakah Singa dan Unicorn berbohong pada hari Minggu. Jadi, hari ini bukan hari Senin.

Asumsikan hari ini adalah hari Selasa, kemarin adalah hari Senin. Singa mengatakan kemarin adalah harinya berbohong, dan itu memang benar. Singa berbohong pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Tidak mungkin Singa mengatakan hal yang benar pada hari itu. Jadi, hari ini bukan hari Selasa. Alasan yang sama digunakan untuk asumsi hari ini adalah hari Rabu.

Asumsikan hari ini adalah hari Jumat, kemarin adalah hari Kamis. Unicorn mengatakan kemarin adalah harinya berbohong, dan itu memang benar. Unicorn berbohong pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Tidak mungkin Unicorn mengatakan hal yang benar pada hari itu. Jadi, hari ini bukan hari Jumat. Alasan yang sama digunakan untuk asumsi hari ini adalah hari Sabtu.

Kita tidak dapat mengasumsikan hari ini adalah hari Minggu, karena tidak ada keterangan yang menjelaskan apakah Singa dan Unicorn berkata jujur atau bohong pada hari Minggu. Jadi, hari ini juga bukan hari Minggu.

Asumsikan hari ini adalah hari Kamis, kemarin adalah hari Rabu. Pada hari Kamis ini, Singa berkata jujur dan Unicorn berkata bohong. Singa berkata bahwa kemarin adalah hari berbohongnya, dan itu memang benar. Tidak ada kontradiksi karena memang Singa tidak berkata bohong pada hari Kamis. Unicorn mengatakan kemarin adalah hari berbohongnya, dan ini tidak benar. Tidak ada kontradiksi karena Unicorn memang berkata bohong pada hari Kamis. Karena tidak terdapat kontradiksi atau pertentangan, maka asumsi awal kita benar.

Hari ini adalah hari Kamis.

Catatan: Semua tokoh, nama tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, kami mohon maaf karena kami tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

Advertisements

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s