Jawaban Teka-teki #025 – Kasus Guru dan Mahasiswa Hukum

Seorang guru hukum menemukan seorang mahasiswa yang mau belajar hukum kepadanya, tetapi mahasiswa tersebut tidak mampu untuk membayarnya. Lalu mahasiswa tersebut berkata, “saya akan membayar biaya kursus ini kepada guru pada saat saya memenangkan kasus pertama saya di pengadilan.”

Guru setuju dengan perkataan mahasiswa tersebut dan mengajarkan pelajaran tentang hukum kepada si mahasiswa. Ketika kursus hukum telah selesai, sang guru menagih biaya kursus hukum tersebut kepada si mahasiswa. Lalu mahasiswa itu pun mengingatkan kesepakatan yang telah dibuatnya dengan sang guru. Guru pun mulai kesal dan memutuskan untuk menuntut si mahasiswa di pengadilan dan keduanya mulai berdebat.

Guru mengemukakan argumennya dengan berkata:

“Jika pengadilan memenangkan saya dalam kasus ini, maka mahasiswa tersebut harus membayar saya. Dan jika saya kalah dalam kasus ini, maka mahasiswa akan tetap membayar saya karena berarti dia akan memenangkan kasus pertamanya. Jadi bagaimanapun juga saya akan tetap mendapatkan uang.”

Sang mahasiswa pun ikut berdalih dengan mengatakan:

“Jika pengadilan memenangkan saya dalam kasus ini, maka saya tidak perlu membayar apapun untuk guru. Dan jika saya kalah dalam kasus ini, maka saya tetap tidak akan membayar guru, karena saya belum memenangkan kasus pertama saya. Jadi bagaimanapun juga saya tetap tidak akan membayar guru”

Pertanyaannya, bagaimanakah cara menyelesaikan kasus ini?

JAWABAN

Biarkan pengadilan tersebut dimenangkan oleh mahasiswa. Dengan begitu, mahasiswa tersebut telah berhasil memenangkan kasus pertamanya. Setelah itu, sang guru kembali menuntut mahasiswa untuk yang kedua kalinya. Karena mahasiswa sudah memenangkan kasus pertamanya, maka tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa untuk menolak membayar uang kursus kepada gurunya.

Advertisements

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s