Jawaban Teka-teki #027 – Teka-teki Einstein

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu. Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

Pertanyaannya, siapakah yang memelihara ikan?

Petunjuk:

  1. Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah
  2. Orang Swedia memelihara anjing
  3. Orang Denmark senang minum teh
  4. Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat
  5. Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi
  6. Orang yang merokok PallMall memelihara burung
  7. Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu
  8. Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill
  9. Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama
  10. Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing
  11. Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill
  12. Orang yang merokok Winfield senang minum bir
  13. Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia
  14. Orang Jerman merokok Rothmans
  15. Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air

JAWABAN

Tanpa mengurangi keumuman soal, asumsikan bahwa kelima rumah tersusun dalam suatu deretan berjejer. Rumah paling kiri kita anggap rumah pertama, selanjutnya ke kanan kita anggap rumah kedua, rumah ketiga, rumah keempat, dan rumah yang paling kanan kita anggap rumah kelima.

Sebelumnya, kita buat terlebih dahulu daftar semua kemungkinan warna rumah, kebangsaan, minuman kesukaan, rokok, dan hewan peliharaan.

  • Warna rumah: merah, putih, coklat, kuning, biru
  • Kebangsaan: Inggris, Swedia, Denmark, Norwegia, Jerman
  • Minuman: teh, kopi, susu, bir, air
  • Rokok: PallMall, Dunhill, Marlboro, Winfield, Rothmans
  • Hewan peliharaan: anjing, burung, kucing, kuda, ikan

Dengan menggunakan petunjuk nomor 7 dan 9, kita tahu bahwa orang yang tinggal di rumah ketiga senang minum susu dan orang yang tinggal di rumah pertama adalah orang Norwegia. Dengan begitu, rumah kedua pasti berwarna biru (petunjuk nomor 13).

Perhatikan petunjuk nomor 4. Rumah berwarna putih terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna coklat. Rumah berwarna putih tidak mungkin berada di rumah pertama karena rumah kedua adalah rumah berwarna biru, bukan rumah berwarna coklat. Jadi, rumah berwarna putih adalah rumah ketiga atau rumah keempat. Berdasarkan petunjuk nomor 5, orang yang tinggal di rumah berwarna putih senang minum kopi. Kita tahu bahwa orang yang tinggal di rumah ketiga senang minum susu, berarti rumah ketiga bukanlah berwarna putih. Jadi, rumah berwarna putih adalah rumah keempat sehingga rumah kelima adalah rumah berwarna coklat. Berdasarkan petunjuk nomor 5, maka orang yang tinggal di rumah keempat suka minum kopi.

Warna rumah yang belum diketahui letaknya adalah warna merah dan kuning, dan dua warna ini kemungkinan adalah warna dari rumah pertama dan ketiga. Perhatikan petunjuk nomor 2, orang Inggris tinggal di rumah berwarna merah. Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa orang yang tinggal di rumah pertama adalah orang Norwegia, bukan orang Inggris, sehingga tidak mungkin rumah pertama berwarna merah. Jadi, rumah berwarna merah adalah rumah ketiga sehingga rumah pertama adalah rumah berwarna kuning. Berdasarkan petunjuk nomor 1, orang yang tinggal di rumah ketiga adalah orang Inggris, dan menurut petunjuk nomor 8, orang yang tinggal di rumah pertama merokok Dunhill.

Perhatikan petunjuk nomor 11. Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill. Karena orang yang merokok Dunhill ada di rumah pertama, jadi orang yang memelihara kuda ada di rumah kedua.

Minuman kesukaan yang belum diketahui letaknya adalah teh, bir, dan air. Berdasarkan petunjuk nomor 3, orang Denmark suka minum teh. Karena sebelumnya kita sudah tahu bahwa di rumah pertama ada orang Norwegia dan di rumah ketiga ada orang Inggris, maka orang Denmark tidak mungkin berada di kedua rumah tersebut. Jadi, orang Denmark kemungkinan berada di rumah kedua, keempat, atau kelima. Akan tetapi, kita sudah mengetahui bahwa orang di rumah keempat suka minum kopi, sedangkan orang Denmark suka minum teh. Jadi, orang Denmark tidak berada di rumah keempat sehingga kemungkinannya tinggal dua, orang Denmark berada di rumah kedua atau rumah kelima. Kita telusuri kedua kemungkinan ini.

Kemungkinan 1. Orang Denmark berada di rumah kelima

Dengan begitu, orang yang tinggal di rumah kelima suka minum teh (petunjuk nomor 3). Minuman kesukaan yang belum diketahui letaknya adalah bir dan air, sedangkan rumah yang belum diketahui minuman kesukaannya adalah rumah pertama dan kedua. Berdasarkan petunjuk nomor 12, orang yang merokok Winfield suka minum bir. Karena orang di rumah pertama merokok Dunhill, maka orang yang suka minum bir tidak berada di rumah pertama sehingga orang yang minum bir dan merokok Winfield berada di rumah kedua.

Minuman kesukaan yang belum diketahui letaknya sekarang hanyalah air dan rumah yang belum diketahui minuman kesukaannya hanyalah rumah pertama. Dengan begitu, orang yang suka minum air berada di rumah pertama. Perhatikan petunjuk nomor 15, orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang suka minum air. Orang yang suka minum air ada di rumah pertama, berarti orang yang merokok Marlboro berada di rumah kedua. Akan tetapi, kita sudah mengetahui sebelumnya bahwa orang di rumah kedua merokok Winfield, terjadi pertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Berarti, kemungkinan awal yang kita ambil (orang Denmark berada di rumah kelima) adalah salah.

Kemungkinan 2. Orang Denmark berada di rumah kedua

Dengan begitu, orang yang tinggal di rumah kedua suka minum teh (petunjuk nomor 3). Minuman kesukaan yang belum diketahui letaknya adalah bir dan air, sedangkan rumah yang belum diketahui minuman kesukaannya adalah rumah pertama dan kelima. Berdasarkan petunjuk nomor 12, orang yang merokok Winfield suka minum bir. Karena orang di rumah pertama merokok Dunhill, maka orang yang suka minum bir tidak berada di rumah pertama sehingga orang yang minum bir dan merokok Winfield berada di rumah kelima.

Minuman kesukaan yang belum diketahui letaknya sekarang hanyalah air dan rumah yang belum diketahui minuman kesukaannya hanyalah rumah pertama. Dengan begitu, orang yang suka minum air berada di rumah pertama. Perhatikan petunjuk nomor 15, orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang suka minum air. Orang yang suka minum air ada di rumah pertama, berarti orang yang merokok Marlboro berada di rumah kedua.

Rokok yang belum diketahui letaknya adalah PallMall dan Rothmans dan rumah yang belum diketahui merk rokoknya adalah rumah ketiga dan rumah keempat. Berdasarkan petunjuk nomor 14, orang Jerman merokok Rothmans. Karena orang yang tinggal di rumah ketiga adalah orang Inggris, maka orang yang merokok Rothmans tidak berada di rumah ketiga. Berarti, orang yang merokok Rothmans berada di rumah keempat, dan orang yang di rumah keempat adalah orang Jerman.

Rokok yang belum diketahui letaknya tinggal PallMall dan rumah yang belum diketahui merk rokoknya tinggal rumah ketiga. Jadi, orang yang merokok PallMall ada di rumah ketiga. Kebangsaan yang belum diketahui letaknya adalah Swedia dan rumah yang belum diketahui kebangsaannya adalah rumah kelima. Jadi, orang Swedia ada di rumah kelima.

Berdasarkan petunjuk nomor 2, orang Swedia memelihara anjing. Jadi, hewan peliharaan anjing ada di rumah kelima. Berdasarkan petunjuk nomor 6, orang yang merokok PallMall memelihara burung. Jadi, hewan peliharaan burung ada di rumah ketiga. Berdasarkan petunjuk nomor 10, orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing. Orang yang merokok Marlboro berada di rumah kedua. Jadi orang yang memelihara kucing berada di rumah pertama atau rumah ketiga. Karena kita sudah tahu bahwa orang di rumah ketiga memelihara burung, maka hewan peliharaan kucing ada di rumah pertama.

Hewan peliharaan yang belum diketahui letaknya hanyalah ikan dan rumah yang belum diketahui hewan peliharaannya adalah rumah keempat. Jadi, hewan peliharaan ikan ada di rumah keempat.

Kita sudah mengetahui detail informasi dari masing-masing rumah. Mari kita susun semuanya menjadi sebuah kesimpulan.

Rumah 1

  • Warna: kuning
  • Kebangsaan: Norwegia
  • Minuman: air
  • Rokok: Dunhill
  • Hewan: kucing

Rumah 2

  • Warna: biru
  • Kebangsaan: Denmark
  • Minuman: teh
  • Rokok: Marlboro
  • Hewan: kuda

Rumah 3

  • Warna: merah
  • Kebangsaan: Inggris
  • Minuman: susu
  • Rokok: PallMall
  • Hewan: burung

Rumah 4

  • Warna: Putih
  • Kebangsaan: Jerman
  • Minuman: kopi
  • Rokok: Rothmans
  • Hewan: Ikan

Rumah 5

  • Warna: coklat
  • Kebangsaan: Swedia
  • Minuman: bir
  • Rokok: Winfield
  • Hewan: anjing

Jadi, siapakah yang memelihara ikan? Benar, orang Jerman.

Advertisements

One thought on “Jawaban Teka-teki #027 – Teka-teki Einstein

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s